Perangi Digital Piracy dengan Toko Musik Online

0
57
toko musik online
toko musik online

Upaya untuk memerangi ‘digital piracy’ atau pembajakan hasil karya musik dalam bentuk digital terus dilakukan, salah satunya lewat toko musik online. Keberadaan toko musik di dunia maya ini memang sangat dibutuhkan, mengingat saat sekarang kita berada di era digital yang membuat milyaran penduduk dunia memanfaatkan konten digital, baik berupa gambar, video, maupun musik.

Kondisi ini berbeda dengan satu dasawarsa yang lalu, dimana kaset dan CD masih merupakan media utama untuk menyimpan sekaligus menjual hasil karya para musisi. Seiring dengan berkembangnya waktu dan pesatnya perkembangan teknologi, peran kaset dan CD pun tergeser. Para penikmat musik tidak lagi memanfaatkan kaset dan CD untuk menikmati lagu-lagu  yang mereka sukai, dan peran tersebut digantikan dengan perangkat MP3 Player serta telepon seluler yang memiliki fitur untuk membaca file musik.

Celakanya, para penikmat musik tersebut juga mulai enggan untuk mengeluarkan sejumlah uang guna membeli hasil karya para musisi, padahal untuk dapat menciptakan lagu, seorang musisi harus mencurahkan kreatifitas, pikiran dan tenaga, serta materi. Menjadi tidak adil jika para penikmat musik dengan gampang dan seenaknya mengunduh lagu-lagu tersebut tanpa meminta ijin dan memberikan imbal balik kepada penciptanya.

Lebih celaka lagi, untuk mengunduh lagu-lagu tersebut dapat dilakukan dengan mudah melalui situs-situs yang menyediakan lagu-lagu gratis untuk didownload yang tentunya illegal. Digital piracy atau pembajakan hasil karya musik dalam bentuk digital inilah yang harus dicegah dan diberantas, agar para musisi tidak merasa dirugikan. Jika para musisi tidak dirugikan dan dapat merasakan buah dari kreatifitasnya, maka dia akan berkarya dengan lebih baik lagi, sehingga industri musik di Indonesia dapat berkembang dengan lebih baik.

Toko Musik Online yang Dapat Dipilih

Toko musik online sebagaimana kita tahu adalah tempat untuk berbelanja lagu-lagu atau hasil karya musik dalam bentuk digital melalui daring atau online shop. Terdapat beberapa toko online di Indonesia yang dapat dijadikan rujukan untuk membeli atau menyewa konten-konten lagu pilihan. Toko online yang khusus menjual/menyewakan jasil karya musik yang dapat dijadikan rujukan diantaranya adalah:

  1. langitmusik

Toko musik online ini eksklusif, karena hanya dapat dimanfaatkan untuk berbelanja lagu oleh para pengguna layanan Telkomsel. Untuk dapat membeli lagu-lagu di langitmusik.com, harga yang ditawarkan sebesar Rp. 5000 per-lagu, belum termasuk PPN. Metode pembelian dapat dilakukan dengan menggunakan T-Cash atau pulsa telepon.

  1. melon

Jika langitmusik.com eksklusif untuk pengguna Telkomsel, melon.co.id adalah hasil kerjasama antara Telkom dengan vendor dari Korea Selatan, SK Telecom. Di sini selain dijual secara satuan,  para pengguna juga dapat menikmati music dengan model berlangganan. Untuk itu tersedia berbagai paket yang bisa dipilih pengguna untuk mendownload dan mendengarkan musik sesuai dengan kebutuhan.

  1. Abdee Negara

Toko musik online yang salah satu pengelolanya adalah Abdee Negara, salah seorang personil Slank ini tidak hanya menyediakan berbagai macam lagu dari berbagai aliran musik, tapi juga menjuallagu dengan harga yang bervariasi. Selain itu, sistem pembayaran yang diberlakukan juga bervariasi, sehingga pengguna memperoleh kemudahan karena memiliki cukup banyak pilihan dalam pembayaran.

  1. musiklegal

Layanan yang diberikan musiklegal.com berbeda dengan yang lain. Para pengguna dapat mendownload lagu dan memutarnya secara gratis 3 kali play lewat aplikasi player yang tersedia untuk Android, PC dan Blackberry melalui portal web merchant yang telah bekerjasama dengan musiklegal, diantaranya kompas.com, indowebstermusic, dan kapanlagi.com.

Jika masa gratis habis, pengguna masih dapat menikmati lagu-lagu yang diinginkan dengan cara berlangganan seharga Rp.1000,- perminggu, sehingga dalam 1 bulan biaya berlangganan yang berlaku di toko musik online ini hanya sebesar Rp. 4000,-.

atau kalian juga bisa mendapatkan nya langsung di situs Jual beli Musik

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.