Strategi dan Tips Mengelola Toko Online

0
8
Toko Online

Di zaman sekarang, setiap pelaku usaha dituntut untuk menyadari datangnya teknologi baru, terutama yang berkaitan dengan media online dan internet. Kehadirannya teknologi ini secara nyata telah membantu para pengusaha terutama dalam urusan pemasaran dan promosi. Salah satu cara yang dapat diterapkan melalui teknologi internet adalah membuat toko online yang sekarang sudah sangat menjamur di masyarakat.

Seperti Situs Toko Online Angpao.id

Membuat toko online itu merupakan sebuah pekerjaan yang sangat mudah dilakukan. Apalagi sekarang sudah ada berbagai macam situs layanan yang bisa dimanfaatkan guna menciptakan website khusus untuk keperluan bisnis. Hanya saja perlu disadari, dibutuhkan strategi beserta sistem pengelolaan yang bagus agar toko online tersebut bisa menghasilkan transaksi jual beli dengan nilai yang lebih banyak.

Mempelajari admin panel

Admin panel merupakan suatu tempat yang memiliki fungsi utama sebagai media pengelola toko online. Misalnya konten, manajemen pesanan dan sebagainya. Dalam hal ini, orang yang bertugas jadi admin toko online harus mampu mengoperasikan segala macam admin panel di toko online tersebut.

Jika pelaku usaha atau admin toko online tidak memahami sistem kerja dan teknik pemakaian admin panel sebaiknya mempelajari semuanya sebaik mungkin. Bahkan jika perlu ikut dalam training agar bisa menguasai semua teknik-tekniknya.

Menggunakan kalender

Setiap toko online harus ditata sebaik dan serapi mungkin melalui sebuah perencanaan yang disusun secara matang. Contohnya, tentukan jadwal yang pasti untuk mengunggah foto atau gambar produk yang mau dijual dan dipromosikan. Hal yang sama juga perlu diterapkan pada pengunggahan konten artikel dan informasi lainnya.

Pembuatan susunan atau jadwal ini dapat menggunakan fasilitas kalender online dari Google Calender atau aplikasi sejenis lainnya. Tetapi alangkah baiknya apabila antara kalender untuk keperluan bisnis dipisah dengan kalender untuk urusan pribadi agar tidak menimbulkan suatu kekacauan.

Dengan adanya kalender serta jadwal perencanaan yang baik, toko online dapat ditata secara lebih mudah. Sebab semua data tentang produk, konten artiken maupun informasi lain terkait dengan produk-produk yang dipasarkan bisa tersusun dengan rapi dalam kalender tersebut.

Memberi penjelasan lebih lengkap

Toko Bentuk online akan mampu memberi kepuasan yang tinggi pada pengunjungnya apabila pihak pengelolanya selalu menyediakan informasi yang lebih jelas dan lengkap. Terutama info yang berhubungan dengan produk barang maupun jasa yang ditawarkan pada mereka.

Selain itu jangan pernah lupa melengkapi toko tersebut dengan alamat yang lengkap dan jelas. Dengan adanya alamat tersebut calon pembeli akan makin percaya dan yakin untuk melakukan proses transaksi pembelian.

Selain itu harus dicantumkan pula nomor telpun yang bisa dihubungi. Terkait dengan urusan ini sebaiknya menggunakan telpun rumah atau kantor dan telpun seluler. Khusus untuk telpun rumah dan kantor, dapat menambah nilai kepercayaan dari konsumen sebab dianggap sebagai nomor telpun yang lebih mudah dilacak jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

Fasilitas komunikasi lain yang sebaiknya ikut dimasukan yaitu email dan fitur chatting. Tapi apabila pengelola tidak punya cukup waktu untuk mengaktifkan fitur chating maka email saja sudah cukup. Tapi alangkah baiknya jika menggunakan alamat email dengan domain seperti nama toko online yang dibuat sehingga bisa terlihat lebih profesional.

Hal lain yang juga perlu dicantumkan adalah jadwal kerja atau waktu operasional toko online. Tujuannya adalah agar setiap pengunjung bisa tahu kapan waktu terbaik untuk menghubungi pengelola dan adminnya. Sehingga mereka bisa memperoleh respon dan jawaban secara lebih cepat.

Teknik marketing

Manfaat utama dari toko online adalah sebagai sarana promosi dan melakukan transaksi jual beli. Meskipun menjadi alat promosi, tetapi apabila toko online ini tidak dipromosikan maka tidak akan ada pemakai internet yang mengetahui keberadaannya. Artinya adalah toko online ini tidak memiliki fungsi sama sekali meski sudah dibuat dalam desain yang bagus dan punya fitur-fitur yang sangat lengkap.

Karena itu dibutuhkan strategi marketing tersendiri untuk mempromosikan keberadaan toko dalam bentuk online tersebut. Salah satu metode yang paling sering ditempuh oleh para pelaku usaha dalam mempromosikan toko online miliknya adalah melalui sistem SEO.

Tujuan dari penggunaan teknik ini yaitu agar toko tersebut bisa terdektesi oleh mesin pencari data dan berada pada posisi teratas. Jadi pihak admin harus menguasai teknik ini agar bisa meningkatkan jumlah kunjungan sekaligus meningkatkan transaksi penjualan produk.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.